Dear Team Dokter Anda

Saya sehari-hari, bekerja di jakarta dari rumah di Depok, menggunakan kendaraan motor. Setiap berkendara sering terpapar dengan asap kendaraan bermotor, hal ini agaknya sedikit menyiksa, karena sewaktu kecil saya pernah menderita TBC, takutnya akan terulang lagi dengan kondisi tersebut, karena saat ini saya kadang kala mengalami batuk ringan sering disertai dengan dahak.

Saya ingin bertanya apakah ada vitamin atau suplemen yang bisa saya konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh saya??? Apakah batuk-batuk sya tersebut tergolong wajar atau ada masalah kesehatan yang musti saya periksakan ???

Mohon saran nya terimakasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

TBC yang dahulu pernah diderita memang ada kemungkinan untuk terjangkit lagi. Terutama bila anda tinggal atau kerja di lingkungan yang juga terdapat penderita TBC aktif. Kemungkinan ini akan semakin besar bila daya tahan anda semakin menurun, dengan akivitas harian yang tinggi, kurang gizi, kurang suplemen, dan kurang beristirahat. Bila anda sudah batuk berdahak lebih dari 2 minggu dan tidak ada perbaikan dengan antibiotik yang diresepkan dokter, terdapat penurunan berat badan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan tambahan seperti x-ray dada dan pemeriksaan dahak.
Untuk konsumsi suplemen, pilihlah suplemen yang kandungannya lengkap, banyak dijual bebas di apotik atau counter obat. Dan untuk aktivitas tinggi seperti bapak, ada baiknya suplemen tersebut diminum setiap hari, bersama dengan makanan bergizi tinggi.

Semoga bermanfaat.