Permisi mau tanya dok..

ayah saya (69 tahun) di diagnosa dokter ada batu empedu. tetapi dia juga ada sejarah tukak lambung. saya tertarik untuk mencoba terapi apel untuk mengeluarkan batu empedu tanpa operasi. Bahan-bahannya adalah apel, jeruk lemon, garam inggris dan olive oil. Setelah saya baca-baca dan cari di internet garam inggris itu kontra indikasi dengan tukak lambung. apakah benar seperti itu? untuk bahan-bahan lainnya apakah juga kontra indikasi? Lalu bagaimana untuk menyembuhkan ayah saya tanpa operasi ya dok? apa itu memungkinkan? bilirubin ayah saya 4 dan albumin 2. Lalu, apa boleh/baik kalau albumin yang infus, kami ganti dengan albumin yang dari ikan gabus yang bentuknya capsul. Apakah menjadi lebih lama peningkatan albuminnya?

Jawaban Dokter :

Begini sobat, untuk batu empedu dengan pengobatan biasa (makan obat) atau dengan tindakan pembedahan misalnya. Mengenai bahan makanan tersebut, sepertinya belum ada penelitian medis yang membuktikan kegunaannya sobat. Untuk makanan tersebut juga memang belum ditemukan penelitian medis yang benar-benar membahas pengaruhnya ke tukak lambung.

Untuk menyembuhkan tanpa operasi, dilihat dahulu gejala yang ada, serta seberapa besar batu empedu yang ada sobat. Jika memang bergejala sangat dianjurkan untuk dioperasi sobat. Pilihan operasipun juga bisa dimulai dari dibuka langsung pada bagian tersebut atau bisa dengan alat untuk mengirimkan sinyal listrik dari luar tubuh untuk memcahkan batu tersebut. Mengenai pola makan seperti ikan gabus, ya boleh saja, namun tidak ada penelitian yang meneliti hal tersebut. Sebaiknya jika memang tidak bergejala, masih dapat dilakukan pengobatan biasa dengan minum obat untuk mengurangi atau memecahkan batu itu, tetapi jika memang sudah bergejala, sebaiknya disarankan untuk operasi.

Semoga bermanfaat sobat.