Anak saya 2 tahun bulan ini, dia baru imunisasi BCG, Polio 3x Hib 1x, Hepatitis B 1x, dan DPT 1. DPT 2 dan 3 campak belum. Pemberian DPT 1 sekaligus HIB dan polio diberikan saat dia umur 13 bln.  Apakah saya harus lengkapi DPT 2 dan 3 ? Adakah batasan waktunya? Terima kasih.
nb : tertundanya imunisasi dikarenakan anak saya sering demam dan saya mendengar isu tentang bahaya imunisasi.

Jawaban Dokter :

Salam sehat

Jadwal imunisasi diadakan agar pemberian imunisasi pada anak dapat efektif dan efisien. Dikarenakan jumlah jenis imunisasi yang banyak dikhawatirkan orangtua maupun petugas kesehatan dapat kelupaan dalam memberikan imunisasi. Jadwal imunisasi tiap negara pun berbeda.

Di Indonesia, ada 2 kelompok imunisasi, kelompok pertama yaitu imunisasi dasar wajib dilakukan sebelum anak berusia 1 tahun. Terdiri dari 5 jenis yaitu Hepatitis B(Hib), BCG, DPT, Polio, Campak. Sedangkan kelompok yang ke-2 adalah imunisasi yang dianjurkan, sifatnya sebagai imunisasi tambahan. Jenis imunisasi ini antara lain MMR, Act Hib, Tifus atau demam Tifoid, dan Varilrix ( cacar air ).

Pada kasus ibu, pemberian imunisasi DPT yang masih kurang haruslah dilengkapi sampai 5 kali untuk memperkuat daya tahan anak terhadap penyakit tersebut. Adalah batasan melengkapi imunisasi DPT yaitu sampai anak berusia 12 tahun. Memang baiknya imunisasi dilakukan pada saat anak dalam keadaan segar bugar ketika anak tidak sedang demam.

Semoga bermanfaat.