Dok, Saat ini saya menderita backpain pada tulang belakang sejak april’08. Persisnya menurut dokter backpain nya pada Torakal XI, XII dan Lumbal I, dari hasil Rontgen ngga terlalu masalah hanya terlihat tulang saya
skoliosis yg wajar2 saja. dari RMI ngga terlihat bantalan pada tulang yg aneh.
Keluhan kalo saya banyak jalan kemudian saya bungkuk ke depan pasti akan terdengar bunyi tulang belakang saya. dan kalo saya gantungan badan dengan kedua tangan supaya badan saya strech juga akan terdengar tulang berbunyi.
dokter yg saya temui mengatakan facet joint saya bersentuhan dah alternative nya dilakukan radiofrequency. Namun tingkat keberhasilan saya masih ragu setelah mencari dan membaca artikel mengenai radiofrequency.
kemudian saya cari second opinion ke dokter lain dan dikatakan muscle imbalance/discitis jadi di coba untuk berenang aja dulu.
Demikian keluhan saya mudah-mudahan ada dari para dokter yg membaca website ini bisa membantu langkah apa yg harus saya lakukan. Terima kasih

Jawaban Dokter :

Dear Ronald,

Menurut saya, anda harus menghindari aktivitas yang memberi beban pada tulang belakang anda. Anjuran untuk berenang sangat efektif pada beberapa pasien, bahkan pada pasien2 tersebut nyeri hilang tanpa obat (hanya dengan berenang secara teratur minimal 2 kali seminggu). Saya pikir lebih baik anda mencoba berenang teratur dan menghindari posisi – posisi membungkuk, mengangkat barang terlalu berat di satu sisi dan olah raga yang memberikan beban pada tulang belakang anda. Bila hal ini belum memberikan perbaikan yang bermakna, baru dipikirkan alternatif lain.

Semoga bisa membantu.