Dok, usia saya skrg 19 tahun. Waktu usia saya masih sekitar 17-an, saya pernah sakit perut di sebelah kanan yg orang2 bilang kemungkinan usus buntu. Akhirnya saya ke rumah sakit dan di USG. Hasil USG-nya itu “Kista Ovarii”.
Setelah itu saya biarkan saja itu hasil USG nya. Saya tidak pernah ke dokter lagi.
Saya mau tanya, apa itu kista ovarii? Apakah ini berarti saya terkena penyakit kista? Kalo memang iya, sekarang ini saya kok tidak pernah mengalami keluhan apa2 yg berhubungan dgn kista tsb, tidak pernah sakit perut yg aneh, dsb. Paling2 cuma dismenore saja dan itu saya anggap wajar.
Dokter mohon bantuan penjelasannya, dan kalau berkenan kasih saya saran saya harus melakukan apa. Terima kasih 🙂

Jawaban Dokter :

salam sehat,
kista ovarii adalah sebutan umum untuk adanya kantong berisi cairan dalam indung telur anda. kista ovarii tidak selalu berarti hal yang berbahaya, karena ada juga kista yang normal terbentuk (kista fisiologis) misalnya kista yang terbentuk sesuai dengan siklus menstruasi. tapi yang patut diwaspadai adalah kista ovarii yang merupakan penyakit misalnya kista coklat, kista adenoma, polikistik dll.
biasanya kista ini tidak menimbulkan gejala apapun sehingga sulit membedakan ini normal atau penyakit. nah untuk membedakannya maka biasanya dilakukan pemeriksaan USG satu kali dalam satu bulan setiap kali haid bersih selama 3 bulan berturut-turut. bila kista normal biasanya akan mengecil sedangkan kista penyakit akan menetap selain itu dokter spesialis kandungan bisa juga membedakan dari strukturnya.
informasi mengenai jenis kista ovarium dapat dibaca di
http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2009/01/kapan-kista-dalam-ovarium-disebut-bahaya
semoga membantu