Dokter saya mau nanya..

Sebelumnya saya mau mendefinisikan penyakit saya. Saya sudah 3x berganti dokter. Sekarang ke dokter yg ke 4, masih timbul keluhan di wajah saya. Saya memiliki kulit wajah yang sensitif sekali. Saya alergi terhadap makanan laut, antibiotik, dan debu. Dokter yang ke 4 bilang kalau saya menderita dermatitis. Pakai cream yang kadarnya tinggi saja saya bisa merah-merah mukanya, cepat iritasi. Saya juga pernah mencoba menggunakan propolis dan hasilnya mengecewakan, kata dokter saya yang keempat saya tidak cocok dengan propolis jadi terjadi iritasi dan disebut dermatitis.
Saya harus bagaimana dokter?? Tolong bantu saya. Terima kasih..

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Banyak wanita yang seperti anda, karena kulitnya sangat sensitif sehingga tidak bisa memakai terlalu banyak kosmetik. Bila memakai kosmetik akan timbul ruam kemerahan, kadang disertai gatal dan perih, kondisi ini memang disebut dermatitis.
Saran saya, rawatlah kulit anda sebaik mungkin, cuci muka maksimal dua kali sehari menggunakan sabun bayi yang lembut (hypoalergenic), pakailah kosmetik yang hypoalergenic juga setipis mungkin. Jangan memakai make up tebal (lebih dari 2 lapis), hindari pemakaian bedak berfoundation. Pakailah moisturizer lembut yang tidak berwarna dan tidak mengandung pewangi, cari yang SPF cukup tinggi. Dan tidak lupa mengkonsumsi vitamin untuk kulit, diminum, bukan vitamin kulit yang dioleskan di wajah.

Semoga membantu.