Dear dokter,

ayah kami menderita stroke sudah 2 thn, kondisi terparah pd awal juli 2010, ayah saya dibawa ke RSUD. Selama 2 bln 7hr dirawat tidak menampakkan hasil lumpuh mulut, tangan & kaki. Kami bawa pulang agar dirawat di rumah, dengan cairan infus, keteter, ngt terpasang. Setelah 2 minggu, kami bawa lagi ke RS lain. Ayah saya susah bernafas dikarenakan lendirnya begitu banyak. 3 minggu di RS tersebut, kemudian kami pulangkan ke rumah. Kondisi ayah kami sangat kurus & lemah, kaki & tangan terlipat/bengkok, ngt & keteter msh terpasang, setiap 6 jam kami beri susu entrasol. 4 hari ini mulai berlendir lagi, demam tinggi, batuk. Lendir kami keluarkan dengan memiringkan badannya, kami sungguh tidak tahu harus berbuat apa, mohon bantuannya dok.
Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Pada orang dengan stroke, kelumpuhan yang terjadi dapat menyebabkan penderita menjadi sulit untuk mobilisasi. Kesulitan untuk mobilisasi ini dapat menyebabkan komplikasi seperti yang anda sebutkan kaki dan tangan terlipat/bengkok, terlihat kurus dan lemah. Selain itu kesulitan untuk mobilisasi ini dapat menyebabkan infeksi pada saluran nafas. Hal ini dapat menyebabkan produksi lendir yang banyak, batuk dan demam tinggi.

Selain itu pada serangan stroke berulang (terjadi stroke pada kedua belahan otak), dapat menyebabkan gangguan menelan sehingga kemungkinan infeksi menjadi lebih tinggi. Untuk itu anda perlu melakukan perubahan posisi pada ayah anda, kebersihan dijaga, bila perlu dilakukan penyedotan cairan (suction).

Memang menangani penderita stroke seperti ini memerlukan pengorbanan yang luar biasa. Anda dapat mencari seorang perawat untuk merawat ayah anda. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah support keluarga.

Semoga bisa membantu.

Diabetes