Dokter, saya baru melahirkan1,5 bulan yang lalu. ASI saya keluar setelah 7 hari, selama itu bayi saya tetap saya usahakan minum ASI meskipun keluarnya sedikit, setelah dia tidak puas baru saya beri susu botol. Tetapi lama kelamaan susu formulanya semakin banyak dan karena saya bekerja maka saya semakin jarang menyusuinya. Saya ingin sekali bisa stok ASI di rumah, tetapi setelah diperah (dengan jari) keluarnya paling banyak hanya 50ml, bagaimana caranya supaya bisa meningkatkan jumlahnya ya dok? Saya ingin sekali full memberikan ASI.
Selain itu, vagina saya masih sering terasa gatal, setelah berhubungan dengan suami beberapa hari lalu sekarang keluar flek darah seperti mau mens, normalkah ini dok? Terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat.
ASI akan semakin banyak bila semakin sering dihisap oleh sang bayi. jadi usahakanlah agar bayi anda menghisap payudara anda sebelum tidur malam dan pagi hari sebelum bekerja dengan begitu saat memerah susu untuk disimpan hasilnya akan lebih banyak.
anda juga boleh mengkonsumsi rebusan daun katuk atau suplemen pil berbahan dasar katuk untuk meningkatkan produksi ASI.
informasi mengenai pompa ASI dan tips agar ASI banyak dapat dibaca di
http://www.tanyadokteranda.com/featured/2010/12/pompa-asi-solusi-wanita-menyusui-yang-bekerja
atau
http://www.tanyadokteranda.com/featured/2010/12/bekerja-bukan-berarti-anak-tidak-mendapat-asi
rasa gatal pada vagina bisa saja akibat adanya infeksi pada vagina anda. apalagi biasanya setelah melahirkan wanita jadi takut membersihkan vagina karena takut rasa nyeri yang timbul sehingga kuman lebih mudah berkembang.
cobalah berkonsultasi lagi dengan dokter spesialis kandungan anda mengenai keluhan anda agar diberikan terapi yang sesuai
semoga membantu