Anak saya usia 2 tahun 2 bulan mengalamai batuk, tetapi batuknya pada malam hari saja Dok. Bermula dari batuk pilek setengah tahun lalu, sudah sembuh batuk pileknya, sekarang tinggal batuk pada malam hari. Bisa dipastikan apabila aktifitas di siang hari tak terkendali (loncat2, lari2, teriak2 dll) malam hari pasti batuk. Apabila batuk, seringkali langsung muntah.
Walau tidak setiap malam, saya cukup khawatir dengan kondisi anak saya. Ketika dibawa ke dokter, diperiksa baik-baik saja, dan diberi obat pereda batuk. Tapi batuknya tetap, tidak berkurang.
Dengan batuknya si kecil, si kecil telah melewatkan waktu imunisasi booster (DPT-hb-hib di usia 18 bulan dan campak di usia 24 bulan) karena saya khawatir daya tahan tubuhnya tidak cukup kuat untuk mendapatkan imunisasi.

Yang saya tanyakan, bagaimana mengatasi batuk tersebut supaya anak saya cepat mendapatkan imunisasi booster tersebut?
Apakah ada bahaya jika saya imunisasi anak saya saat ini?

Terima kasih 🙂

Jawaban Dokter :

selamat siang
batuk yg terjadi hanya pada malam.hari bisa saja karena alergi terhadap cuaca yg lbh dingin. jadi sebelum tidur cobalah berikan minuman hangat seperti madu atau susu hangat.
sebaiknya imunisasi tetap dilakukan utk meningkatkan daya tahan tubuhnya. jika hanya batuk tanpa demam tdk apa2 diimunisasi.
terima kasih