Saya wanita 21 tahun. Seminggu yg lalu sempat mengalami ambeien yang menonjol keluar sebesar biji salak, kemudian apoteker memberi saya obat yg dimasukkan lewat anus dan obat minum venaron, 4hari kemudian sembuh dan saya bisa duduk normal serta BAB lancar. Dua minggu sblm ambeien, saya konsumsi rutin tiap hati curzema. Sekaran 5hari setelah ambeien sy sembuh kok tidak ada rasa mulas sama sekali sehingga saya tidak bisa BAB. Hari ke 4 kemarin sempat BAB hanya sedikit dan keras serta hitam. Yang saya tanyakan apakah konsumsi curzema menyebabkan gangguan pencernaan dok? Lalu masalah susah BAB ini bagaimana? Mengapa saya TIDAK mengalami sakit perut yang akibatnya sy tidak bisa BAB, padahal sudah banyak minum dan serat dok, sudah minum vegeta herbal juga. Mohon penjelasannya dok, takut kalau ambeien kambuh lagi dan perut sudah begah. Terimakasih.

Jawaban Dokter :

selamat siang
ambeien terjadi karena BAB yang tidak teratur. BAB yang tidak teratur mengakibatkan feses menjadi keras dan ketika dipaksa dikeluarkan akan merobek mukosa anus dan muncullah daging disertai darah segar.
pencegahan ambeien adalah dengan BAB yg teratur. hal ini dapat dilakukan dengan disiplin diri dengan setiap hari selalu BAB, disiplin makan sehat dan berserat, disiplin minum air putih minimal 2 liter per hari dan disiplin berolahraga. olahraga memgang peranan penting karena jika tidak berolahraga, usus cenderung utk malas berkontraksi untuk memetabolisme makanan.
untuk obat curzema sebaiknya sobat melihat lagi dalam kemasannya apakah obat ini mengganggu pencernaan atau tidak dan dilihat apakah sudah terdaftar di BPOM.
Terima kasih