Hallo dok, saya mau tanya, beberapa hari lalu saya pingsan tiba-tiba, dan pingsannya 2 kali, setelah sadar dari pingsan, badan saya lemas hingga hari ini. Kenapa ya dok ? Atau ada pengaruh dari cara diet saya ? karena bisa dibilang saya hanya makan 1x sehari rata2. BB = 69, Tb = 165. Mohon solusinya.

Jawaban Dokter :

selamat pagi
benar sekali sobat penyebab pingsannya karena sobat kekurangan energi krn makan hanya 1 kali sehari.
normalnya, orang makan 5 kali terdiri dari 3x makan besar dan 2x snack. jika sobat hanya makan 1 x tentu bs sobat bayangkan berapa byk energi yang seharusnya masuk ke tubuh melalui makanan tapi tubuh sobat tidak mendapatkannya.
saran saya, jika ingin diet sobat melakukan dietyang benar. frequensi makan tetap 5 kali namun porsinya saja dikurangi, asupan karbohidratnya misalnya nasinya menjadi setengah porsi, sayur dan daging tetap pada porsi normal, kurangi makanan berlemak, berminyak dan bersantan. untuk snack sobat bs mengganti dengan minum jus tanpa gula atau memakan buah. ingat meskipun sobat melakukan diet, tubuh tetap membutuhkan asupan makanan karena organ2 dlm tubuh tetap membutuhkan energi, seperti otot jantung tetap harus memompa darah dan hal tersebut membutuhkan energi yang banyak.
terima kasij