Selamat malam dok,

Anak saya berumur hampir 2 bulan. 3 minggu terakhir bab nya jarang, yaitu 3-5 hari sekali. Padahal saya sudah memberikan makanan berserat. Apakah itu masih normal? Sejauh ini anak saya tidak pernah rewel. Kata teman itu tidak apa-apa asalkan kentutnya sering. Mohon informasinya dok. Atas infonya, saya ucapkan terima kasih.

Jawaban Dokter :

Dear orang tua,

Apakah anak anda diberi asi eksklusif atau susu formula? Pada umumnya mereka yg mengkonsumsi asi, akan lebih sering bab dan lebih cair. Namun tentunya harus dicek keseluruhannya apakah ada masalah medis yg mendasari atau masih variasi normal.
Secara umum, membedakan bayi bermasalah atau tidak dapat dilihat dari pertumbuhan dan perkembangannya. Apabila berat dan panjang badannya bertambah dengan baik, dan perkembangan sesuai dengan usianya (pd usia 2 bulan sudah mulai tersenyum, mengeluakan ocehan-ocehan, leher mulai tegak) maka kemungkinan besar bayi anda memang sehat. Tetapi tentunya tidak memandang rendah permasalahan apabila kondisi ini berulang terus. Anda juga dapat melihat jawaban untuk topik serupa dalam rubrik konsultasi ini.
Kapan kita lakukan intervensi adalah jika dalam 3 hari bayi anda tidak bab sama sekali. Mungkin dapat diberikan suplement atau obat, namun harus sesuai indikasi medisnya.

Semoga membantu