Selamat pagi, dr.Yunita M,

Saya – dari garis bapak maupun ibu, tidak ada riwayat Diabetes & Hypertensi. Sewaktu SMA di Sby ( th 78 – 80 ) sempat 3 – 4 kali terjadi kristal / batu di kandung kemih, dan diatasi dg ramuan jamu. Setelah pindah Jkt, tidak ada lagi batu di kandung kemih. Kondisi kesehatan sampai 10 bulan menjelang Gagal Ginjal – sekitar April 2003, masih sehat2 saja, dan dimulai dg adanya pembengkakan di leher kanan kira2 1.5 X 3 Cm dan disusul dg kondisi badan gampang capek. Olah raga tetap dijalankan ( Bulutangkis & Selam ), sampai dg akhir Pebruary 2004 badan lemas disertai muntah2 shg divonis Gagal Ginjal oleh dokter internis RS Pelni Petamburan. Cuci darah ( Maret s/d Juni ) dilakukan di RSPP dan transplantasi ginjal dilaksanakan pd July 2004 di RS Transplant Kunming, China.

Periode July 2004 pasca transplant s/d Agustus 2008, kondisi kesehatan relatif baik, dg olahraga ringan – jalan kaki dan berenang tiap hr minggu. Asupan makanan menghindari sumber kolesterol dan protein tinggi, dan minum air putih 3 liter / hari. Obat2an hanya imuno supressan ( Cellcept & Neural Sandimun ) serta Vit. C bila badan agak capek. Data hasil check up rutin & obat2an yg diasup, sbgmn terlampir, untuk referensi.

Sejak pertengahan bulan Agustus 2008, saya melakukan diet atas karbohydrat & lemak / produk lemak termasuk daging merah dan high protein sea food. Konsumsi sayuran dan buah juga lebih banyak dari biasanya. Hal ini saya lakukan karena dari hasil Angiography pd awal bulan Agustus, ada 6 penyumbatan arteri jantung ka / ki ( 50 – 70% ).

Dokter transplant ginjal saya menyarankan untuk menunda pemasangan sten / ring dan menyarankan untuk meneruskan obat2an terapi jantung yg diberikan dokter jantung, sbb : Pagi – Plavix, Cedocard 5, Concord 5, Thrombo Aspilet, sedangkan u Malam – Cedocard 5 dan Crestor 20.

Dg pola hidup sebagaimana diuraikan diatas, apakah ada lgi yg harus diperhatikan / diperbaiki, mengingat bila sedang banyak kerjaan masih sering sesak nafas dan gampang capek.

Terimakasih atas saran dan analisa dokter yg diberikan.

Salam,

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Saya telah menerima semua keterangan anda, dari apa yang telah anda terapkan untuk mencapai kondisi fisik yang prima, menurut saya, sudah dalam porsi yang baik.
Dari makanan yang dijaga baik, minum air putih yang banyak, dan anda tetap dalam kondisi yang terbilang cukup baik setelah transplantasi ginjal.
Sebagai tambahan, untuk kondisi jantung anda yang sudah mengalami
penyempitan, apakah ada saran dari dokter anda untuk membatasi
aktivitas dan asupan jumlah air minum? karena bila memang performa kerja jantung anda sudah terbatas, anda harus menjaga asupan minuman per hari dalam kondisi IMBANG dengan BAB dan BAK anda.
Bila berlebih, anda bisa mengalami rasa sesak dan pembengakakan di tungkai anda.

Akhir kata dari saya, saya sangat menghargai upaya anda untuk bisa
mencapai kondisi fisik baik. Mungkin ini juga ditunjang oleh keluarga
yang mendukung anda selalu.
Semoga anda sehat selalu.