ASI bisakah sebabkan sering kencing? Bayi saya usia 5 bulan saat ini berat badannya 6,1 kg, semenjak lahir sampai kira2 3 bulan bayi saya rewel dan selalu menangis (saya mengira terkena kolik), selalu ingin digendong serta frekuensi tidurnya pun kurang karena enggan tidur siang. Namun saya melihat bayi saya cukup cerdas dan aktif, hanya pertambahan berat badannya agak kurang. Saat ini saya memberikan asi eksklusif, saya merasa asi kurang karena pertambahan berat badan anak saya sedikit, tapi jumlah dan frekuensi pipisnya sering dan banyak. Apakah keadaan ini berbahaya dan saya menghentikan asi eksklusif ?

Jawaban Dokter :

Yth. ibu,

ASI tidak sebabkan bayi sering kencing. Kandungan gizi pada ASI sangat bermanfaat bagi bayi dan menambah daya tahan tubuh bayi. Jadi pada prinsipnya tidak ada alasan untuk menghentikan ASI eksklusive, mengenai frekuensi buang air kecil yang sering harus dilihat apakah setiap kali ia kencing disertai tangisan? Karena jika iya mungkin saja ada infeksi saluran kencing dan harus diobati. Bila demikian, saran saya Ibu membawa bayi ibu untuk diperiksakan ke dokter.

Mengenai pertambahan berat badan yang hanya sedikit, saran saya coba Ibu bisa konsultasikan dulu kepada dokter. Selain itu, Ibu juga sebaiknya memiliki catatan khusus yang mencatat penambahan berat badan bayi secar rutin.

Semoga membantu.