Dok, saya lagi hamil 4 bulan, barusan periksa ke dokter katanya posisi bayi sudah bagus tapi ari-ari masih dibawah. Yang mau saya tanyakan apa penyebabnya gimana solusinya? Apa memakai korset hamil dan sering nungging bisa membenarkan posisi ari-ari tersebut? Trims.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Ari-ari berada di bawah dapat menjadi penyebab perdarahan saat proses persalinan, hal tersebut biasa terjadi pada akhir dari trimester ketiga, walaupun dapat terjadi pada trimester kedua dan awal trimester ketiga.

Beberapa faktor dapat meningkatkan resiko terjadinya hal ini, yaitu riwayat operasi caesar, operasi kuret, wanita usia dibawah 20 tahun atau diatas 30 tahun, memiliki ari-ari yang besar, dan sebagainya.

Ari-ari biasanya masih bisa berubah letaknya sampai usia kehamilan 30 minggu, anda perlu mewaspadai apabila terjadi perdarahan dari kemaluan anda, dan segera periksakan ke dokter kandugan untuk penanganan lebih lanjut, penanganan tertentu untuk manipulasi letak ari-ari biasa dilakukan saat usia kehamilan lebih dari 30 minggu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam