salam sehat

saya mau tanya, urat saya terlihat keluar banget dan kalau tidak salah dinamakan verises. apa penyebabnya yah?
apa karena saya kurus atau karena saya slalu sering onani? dan bagaiman cara mengatasinya?
terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Dari pertanyaan Anda, saya mengasumsikan bahwa yang Anda maksudkan yaitu varises pada buah zakar / varises skrotum disebut juga dengan varikokel. Varikokel yaitu adanya pelebaran pemubuluh darah vena pada buah zakar, lebih sering terjadi pada yang sebelah kiri karena sudut yang landai pada vena yang dari testis (V. testikularis sinistra)menuju ke vena di ginjal kiri (v. renalis sinistra), lemahnya katup antireflux antara v. testikularis sinistra dan v. renalis sinistra sehingga aliran darah balik menjadi terhambat, dan adanaya tekanan yang tinggi dari v. renalis karena kompresi dari pembuluh darah arteri sekitar.

Adanya varikokel dapat menurunkan kualitas semen dan spermatozoa. Akibatnya, penderita mengalami infertilitas (mandul) yang disebabkan oleh penurunan konsentrasi (jumlah), motilitas (gerakan), morfologi (bentuk), dan fragmentasi (kerusakan) gen atau DNA spermatozoa. Hal ini sungguh merugikan bagi mereka yang ingin merencanakan memiliki momongan.

Terapi utama varikokel yaitu dengan cara operasi, namun ada beberapa indikasi yaitu pertama jika varikokel tersebut dapat teraba sudah cukup besar, kedua jika suami terbukti ada infertilitas sedangkan istrinya subur, ketiga jika hasil tes sperma pada laki-laki membuktikan adanya abnormalitas. Pengobatan varikokel selain operasi dapat dilakukan embolisasi varikokel dengan memasukkan kateter atau selang kecil ke pembuluh darah vena di bawah bimbingan x-ray. Cincin metal akan diletakkan di pembuluh darah vena spermatika sinistra (kiri) untuk menghambat aliran darah ke vena di bawahnya. Tindakan embolisasi ini dapat mengurangi kekambuhan hingga 5%, dan hasilnya si pria mendapatkan kembali kesuburannya. Demikian informasi dari kami semoga bermanfaat