Met Mlm Dok Saya mau nanya Tentang Diri Saya,
Saya Berumur 28 thn Sudah 1 minggu yang lalu saya kencing terus siang mLm, dN Sy TES GDS saya 340mg/dl Apakah saya sudah termasuk kena kecing manis/diabet. Mohon jawannya, dan cara pengobatannya.. Walam Syamsul maarif.

 

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Kriteria diagnosis dari diabetes mellitus adalah gejala khas digambah GDS diatas 200, atau gejala klinis diatas GDP(puasa) diatas 126, atau 2 jam tes toleransi glukosa oral diatas 200.
Gejala khas yang dimaksud adalah gejala seperti sering haus, cepat lapar, dan sering buang air kecil.

Cara pengobatannya dipersonalisasikan, maksudnya setiap pasien bisa berbeda-beda. Menurut panduan terakhir, pengobatan awal adalah dengan modifikasi gaya hidup, seperti dengan olahraga, mengurangi makan makanan yang mengandung glukosa tinggi, dan makan makanan dengan glycemic index rendah (low GI).

Apabila GDS dirasa terlalu tinggi, maka tatalaksana berikutnya adalah dengan obat-obatan. Apabila badan pasien adalah gemuk (berdasarkan indeks masa tubuh), maka dimulai dengan 1 macam obat dari golongan metformin, thiazolidindione, atau alfa-glucoxidase. Apabila badan pasien tidak gemuk, maka diberi obat dari golongan insulin secretagogue seperti glibenclamide.
Tentu saja modifikasi gaya hidup tetap harus dijalankan.

Silahkan kunjungi dokter anda untuk mendapat tatalaksana yang sesuai dengan anda.

Terimakasih.