Selamat pagi dok. Tanggal 24 yang lalu saya telah melakukan operasi lipoma di punggung sebelah kanan. Tekanan darah saya sewaktu akan dioperasi 160/100 cukup tinggi kata dokter karena saya ketakutan dan stress. Beberapa hari yang lalu saya check tekanan darah kembali normal 130/90. Nah masalah saya bukan pada tekanan darah tetapi sejak selesai operasi hingga sekarang berat badan saya yang turun dari 85.5 kg menjadi 83.8 kg. Dalam batas hampir 1 bulan saya kehilangan hampir 2 kg ini yang membuat saya stress. Apalagi dari hasil referensi bacaan tentang berat badan turun drastis saya tidak merasakan gejala itu pada diri saya. Teman saya mengatakan kemungkinan besar saya highly stress dan depresi.

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaannya.

Dengan seperti ini sebenarnya tidak serta merta dapat dikatakan depresi. Depresi ini tentu harus dilihat apakah Anda merasa mood Anda menurun akhir-akhir ini, apakah Anda merasa tidak bersemangat, apakah Anda tidak dapat menikmati hal yang Anda dulu rasa menyenangkan.

Dan jika penurunan berat badan ini juga tergantung bagaimana dengan pola makan dan cara makan Anda pascabedah. Ini juga akan mempengaruhi berat badan Anda.

Saran kami, jangan terlalu dini menganggap stres dan depresi. Semua orang juga dapat tertekan bila operasi namun tentu bukan serta merta adalah reaksi stres atau depresi.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.