Siang dok, saya mau tanya, apakah hepatitis B dpt disembuhkan secara total ? Klo bisa bgaimana caranya ?? dan bagaimana cara menjaga sistem kekebalan tubuhnya ? Makasih sebelumnya dok.

Jawaban Dokter :

Siang sobat Iyun,

Sebagian besar kasus hepatitis B tidak memerlukan pengobatan dan dapat sembuh dengan sendirinya berkat sistem imunitas tubuh. Pengobatan anti-virus dapat digunakan untuk membantu penyembuhan, namun hanya di berikan pada kasus hepatitis B yang parah (hepatitis B kronis, penderita lanjut usia, penderita HIV).

Virus hepatitis B yang sudah dikalahkan dengan sistem imun tubuh/ obat akan tertahan replikasinya dan dilemahkan – sehingga gejala hepatitis hilang dan pasien sehat kembali. Namun, dna virus hepatitis B umumnya tepat berada tersembunyi di tubuh pasien (tidak menimbulkan gejala). Pada keadaan tertentu, virus hepatitis B dapat teraktivasi dan kembali menyerang tubuh. Hal tersebut biasanya terjadi pada orang dengan sistem imunitas rendah (contoh: pengguna obat2an imuno-supresif, lansia, penderita penyakit kronis, penderita HIV, dll).

Menjaga sistem imunitas tubuh dapat dilakukan dengan menjadi hidup sehat: konsumsi makanan bergizi (dapat dibantu dengan multivitamin), istirahat dan olahraga yang cukup agar tubuh tetap kuat dan sehat. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.