Dok saya mau tanya mengenai amandel apa benar jika anak berusia 4 tahun di operasi amandel kesehatannya akan menurun? lalu apa berpengaruh sehingga anak saya kalau batuk pilek sering mengeluaran cairan dari telinga?

Jawaban Dokter :

Dear sobat,

Memang, Amandel atau yang disebut Tonsilitis adalah radang yang terjadi pada Tonsil, dimana organ tonsil ini adalah salah satu yang berperan dala daya tahan tubuh seperti halnya kelenjar getah benting dan organ RES lain.

Namun akan lebih bahaya lagi apabila sang anak yang menderita tonsilitis tidak mendapat penanganan yg tepat dan tidak diterapi , jika memang dalam hal ini indikasinya operasi ternyata tidak dioperasi maka akan resiko terjadi abses akan meningkat dan itu akan lebih membahayakan anak.
Sel dalam tonsil akan berkembang dengan sendirinya dan mengalami adaptasi karena selain tonsil masih ada organ yg bisa berperan dalam daya tahan tubuh anak.

Penelitian dari literatur yg saya ketahui bahwa penurunan imun – imunitas humoral dan selular akan sedikit menurun diawal post operative tonsilektomi namun akan kembali normal karena sebenarnya tidak ada kaitan antara penurunan daya tahan tubuh dengan pengangkatan tonsil oleh tindakan operatif tonsiltectomy.

Untuk Cairan yang keluar ketika anak sobat batuk dan pilek bisa pertanda yang cukup serius karena memang bagian hidung kita terhubung dengan telinga melalui tuba eustachius dan akibat penyumbatan di daerah pernafasan infeksi bisa menjalar dan tekanan pada telinga bisa meningkat.

Segeralah konsultasi ke Dokter spesialis THT untuk dievaluasi kesehatan telinga dan keadaan gendang telinga sang anak.

Demikian penjelasannya terima kasih