dok, saya mau bagaimana cara penularan sakit leukimia dan ada cara pengobatan sakit leukemia umur berapa tahun anak2 yang terkena sakit leukemia.

Jawaban Dokter :

Siang Ria,

Penyakit leukemia, seperti kebanyakan penyakit keganasan/ kanker) lainnya, diakibatkan oleh kelainan kromosom sel yang dapat diakibatkan oleh paparan zat radiasi, zat karsinogenik (penyebab kanker) atau kelainan genetik yang diturunkan dari orang tua. Berbeda dengan infeksi, leukemia tidak bukan penyakit yang menular. Sampai sekarang ilmu kedokteran belum mengidentifikasi satu zat tertentu dan khusus yang menyebabkan leukemia. Secara garis besar ada dua tipe leukemia: leukemia akut dan leukemia kronis. Sebagian besar anak kecil menderita leukemia tipe akut dan paling umum muncul pada usia 2 – 5 tahun.

Pengobatan leukemia antara lain kemoterapi, radioterapi dan transplantasi sumsum tulang. Pengobatan leukemia yang paling umum adalah kemoterapi – tanpa atau dengan disertai radioterapi. Kemoterapi ada pemberian beberapa obat antikanker melalui infusan atau diminum, sedangkan radioterapi adalah pengobatan kanker pelalui paparan sinar radiasi. Terapi yang umumnya diberikan adalah kombinasi antara kemoterapi dan transplantasi autologous stem cell/ sel punca (mengambil stem cell sedikit dari sumsum, dikembang biakan di dalam laboratorium untuk kemudian kembalikan ke dalam tubuh).

Kemoterapi terdiri dari banyak regimen obat yang berbeda2 dan terus berkembang dengan kemajuan ilmu kedokteran. Masing-masing perhimpunan spesialis kanker mancanegara, bahkan setiap rumah sakit dapat mempunyai/ mengikuti guideline kemoterapi yang berbeda2 untuk leukemia. Kabar baiknya leukemia pada anak dapat disembuhkan secara total, walaupun tidak semua kasus bisa dan ada kemungkinan kambuh setelah dimasa depan.

Semoga informasi yang saya berikan dapat membantu, semoga beruntung.