Saya sudah 10 bulan menikah tapi sampai saat ini belum juga mendapat keturunan. Saya belum pernah konsultasi ke dokter karena saya menunggu sampai satu tahun.
Adapun yang ingin saya tanya adalah:
1) Selama ini siklus menstruasi saya kurang teratur tetapi tiap bulan pasti haid hanya tanggalnya sya yang tidak teratur… apa itu berpengaruh?
2) Setelah melakukan hubungan suami istri suami sering mengeluh  lecet di bagian kemaluannya dan sering mngeluarkan nanah. Apa saya atau suami terkena penyakit kelamin? Bagaimana penyembuhannya?Apa itu berpengaruh terhadap kehamilan?
3) Bagian vagina saya sering terasa gatal dan selesai berhubungan sering sakit. Apa saya punya penyakit?

Usia saya saat ini 22 tahun.

Terima kasih dok sebelumnya.

Jawaban Dokter :

Salam sehat.

1. Ibu, setiap bulan memang haid pasti bergeser tanggalnya, karena siklus haid wanita rata-rata 27-32 hari sekali, ibu bisa menghitung dari hari pertama haid terakhir bulan sebelumnya untuk memprediksi kapan tanggal haid berikutnya.
2. Lecet dan keluar nanah dari ujung kelamin suami memang suatu tanda dari penyakit kelamin. Hal ini perlu pemeriksaan dan tindakan lanjutan dari dokter, dan kedua pasangan harus diobati, baik suami dan istrinya. Penyakit kelamin yang tidak diobati lama-lama akan berpengaruh terhadap kesuburan.
3. Karena suami ibu mengeluarkan nanah dari kelaminnya, kemungkinan besar ibu juga sudah ikut terinfeksi, apalagi selama berhubungan intim tidak menggunakan kondom. Sebaiknya ibu segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan bersama dengan suami.

Semoga bermanfaat.