Sore dokter, saya mau tanya, istri saya umur kehamilan sudah 9 bulan dan sudah dipesankan oleh dokter yg memeriksa kehamilannya dalam beberapa minggu kedepan akan melahirkan. Istri saya ingin melahirkan secara cesar, tetapi ada rasa takut karena beberapa bulan lalu ada teman saya yang cesar di salah satu RS di Jakarta dan setelah sebulan ternyata ada infeksi pada bekas cesar.

Apakah cesar ini aman ya dok? Hal apa yg bisa menyebabkan infeksi pada bekas cesar? Apakah ada SOP khusus sebelum cesar ini tuk mencegah infeksi? Dan jika nanti istri saya melakukan cesar, adakah cara untuk tahu kalau bekas cesar itu tidak akan infeksi?

Mohon informasinya ya dokter.

Terima kasih.

Chandra

Jawaban Dokter :

pagi sobat. rumah sakit akan melakukan upaya maksimal tindakan antisepsis untuk mencegah infeksi pada ibu dan bayinya. Namun pasien paska caesar kan hanya 3 hari di rs, kemudian pulang ke rumah. Diharapakan selama di rumah, pasien dan keluarganya turut menjaga kebersihan luka operasi. Misal dijaga agar tetap kering, makan makanan bergizi untuk mempercepat kesembuhan luka, kontrol luka jahitan ke dokter kandungan secara teratur.