Dok, saya ingin menanyakan apa itu Alzheimer? bagaimanakah gejala dan tanda-tanda orang yang terkena Alzheimer? apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

terima kasih.

Jawaban Dokter :

Sobat,

Alzheimer merupakan salah satu bentuk penyakit demensia pada orang tua. Pada awalnya penyakit ini mengganggu bagian otak yang mengontrol pikiran, memori dan bahasa sehingga dapat timbul gejala-gejala antara lain seperti hal-hal yang baru saja terjadi, lupa nama dan orang-orang yang sebelumnya dia kenal, serta gangguan ingatan yang dapat mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Gejala-gejala yang terjadi semakin lama akan semakin memburuk dan akhirnya dapat terjadi hilangnya kemampuan untuk berkomunikasi dan berespon terhadap lingkungan.

Faktor risiko terjadinya Alzheimer adalah usia tua dan faktor genetik, biasanya diatas 65 tahun. Namun 5% dari penderita alzheimer timbul pada usia 40-50 tahun. Saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan Alzheimer, namun ada terapi baik menggunakan obat maupun non obat yang dapat membantu mengatasi gejala-gejala yang timbul pada penderita alzheimer.

Semoga informasi ini membantu.