Salam dok, saya mau menanyakan tentang tes masuk kerja. Saya waktu kemarin dipanggil untuk melakukan tes kesehatan (MCU) untuk masuk kerja di perusahaan, tetapi waktu itu saya lagi persiapan operasi Septoplasty dan saya meminta perusahaan untuk mengundur jadwal MCU. Dan saya sekarang pasca-operasi dan masih minum antibiotik Cefixime kapsul 100 mg (produk PT DEXA MEDICA). Dan saya mau menanyakan beberapa pertanyaan:
1. Apakah antibiotik dapat terlihat dalam darah dan urin sewaktu MCU?
2. Apakah benar antibiotik dapat terlihat dalam MCU sebagai narkotika?
3. Rata-rata perusahaan melakukan MCU terutama tes darah dan urin untuk tujuan apa?
4. Obat-obatan apa yang bisa terlihat sebagai narkotika ketika MCU?
5. Obat-obatan apa saja yang harus dihindari ketika hendak MCU dan minimal berapa lama senyawa-senyawa obat dapat hilang dari tubuh?
Sekian beberapa pertanyaan saya dan mohon penjelasannya.
Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Malam sobat,
1. Tidak
2. Benar, pada beberapa kasus antibiotik golongan kuinolon (ciprofloxcin, levofloxacin atau ofloxacin) menyebabkan hasil positif untuk narkotika golongan opiat. Hasil tes positif pada kasus ini dapat disingkirkan dengan metode pemeriksaan lebih lanjut. Antiiotik cefixime bukanlah golongan kuinolon.
3. Mengetahui kondisi umum kesehatan calon pegawai dan melakukan screening untuk penggunaan zat terlarang.
4-5. Antibiotik golongan kuinolon, obat penenang, obat anti depresi, obat anti nyeri dan lain-lain. Untuk informasi lebih lengkap silahkan baca di http://dig.pharm.uic.edu/faq/2011/Feb/faq1.aspx
Semoga informasi ini membantu, terima kasih.