Dok, anak saya usia 5 tahun muntah berulang kali  dari pukul 18.30 hingga 23.30  kemudian kami bawa ke dokter umum dan diberi obat pencegah muntah dan obat pencernaan. Hari berikutnya badan agak demam dan sepanjang hari hanya muntah 2 kali, jauh berkurang dibanding hari sebelumnya, tetapi masih mengeluh sakit perut. Karena khawatir kami bawa ke dokter anak dan suruh cek lab.

Hasil lab: haemoglobin 12.1, leukosit 11.700, eritrosit 4.25, trombosit 342.000, haematokrit 35.4, granulosit 81, limfosit 16, monosit 3. Tes urine yg TIDAK berada di nilai normal adalah kejernihan : keruh, protein (+), ascorbic acid (+), keton(+++), untuk sedimen urin : silinder (+), untuk kristal urin : amorf (+) bakteri (+). Karena khawatir demam berdarah atau bisa juga usus buntu dokter menyarankan 3 hari lagi untuk periksa lab lagi. Apa sebenarnya sakit anak saya dok? Terima kasih.

 

Jawaban Dokter :

salam sehat
Bila gejala baru satu hari maka hasil laboratorium tidak akan menunjukkan apapun karena sistem imun belum berkerja.Maka biasanya pemeriksaan akan diulang pada hari ketiga karena pada saat itu hasil akan lebih menggambarkan keadaan yang sebenarnya.
Dari hasil lab saat ini, masih dalam batas normal tetapi patut dicatat bahwa urine anak anda bakteri (+) yang berarti ada infeksi pada saluran kemih yang bisa saja menjadi penyebab demamnya.
konsultasi ulanglah pada dokter spesialis anak yang menangani anak anda untuk kepastiannya.
semoga membantu