Dok, anak saya perempuan usia 7bln tipe yg kurang kuat minum susunya & saat ini beratnya 6,4kg.
Sejak 4 bln anak saya sudah minum susu formula karena ASI saya makin sedikit sekali keluarnya.
Apa yang harus saya lakukan untuk membuatnya lebih banyak kuantitas minum susunya?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Dear orang tua,

Sebelumnya harus dipahami terlebih dulu, anak yang sehat tidaklah sama dengan anak yang gemuk. Ada berbagai faktor yang menentukan selain masalah nutrisi, antara lain genetik, selain itu jika terdapat suatu penyakit, gizi anak juga dapat terganggu. Sebelum memutuskan apa yang harus dilakukan, terlebih dulu kita evaluasi ketiga hal ini.
Jika memang genetik, (bapak ibunya kecil) tentunya tidak ada masalah, namun kembali perlu diingat, parameter yang dicek bukan hanya berat badan tapi juga tinggi badan.
Yang kedua masalah penyakit, tentunya harus diperiksa secara menyeluruh.
Ketiga : asupan yang tidak tepat, misalnya pola makan, jenis, dan kuantitasnya.
Anak usia 7 bulan seharusnya sudah mampu makanan padat seperti bubur 2 x sehari ditambah snack dapat berupa biskuit atau buah, dan susu. Dalam hal ini, susu jumlahnya memang sudah berkurang, terutama frekuensinya menjadi sekitar 4 kali saja, tidak rutin seperti waktu usia lebih muda.
Yang terpenting adalah penampilan klinis si anak, gizi merupakan diagnosis klinis, bukan antropometrik(angka2). Angka2 seperti bb dan tb memang akan membantu kt dalam menentukan gizi anak, namun yang terutama tetap kondisi klinis anak.
Pada usia 7 bulan, cobalah berikan lebih banyak makanan padat. Susu sebenernya hanya diperlukan untuk 50 persen saja dr kebutuhan kalori keseluruhannya sampai dengan usia 1 tahun. Menjelang usia 1 hingga 2 tahun, susu hanya ditargetkan sekitar 30 – 40 persen kebutuhan kalori anak.

Semoga membantu