Dok, saya ingin tanya

1. Anak saya laki-laki usia 5 tahun 9 bulan dengan tinggi 110 cm berat 32 kg. Apakah termasuk kegemukan?

2. Dia sehat tidak pilek, tapi kalau malam tidurnya mendengkur karena hidung dan tenggorokannya berlendir. Kenapa ya dok?

3. Kalau yang diatas termasuk kegemukan atau alergi bagaimana mengatasinya?

Terima kasih dokter

Jawaban Dokter :

Hallo sobat,terimakasih untuk pertanyaannya.

Jika dilihat dari usia ,berat badan dan tinggi maka anak bapak tergolong kegemukan. Dan perlu diberikan aktivitas fisik yang membuat si anak banyak bergerak.
Untuk masalah mendengkur pada anak maka dapat dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu kelainan anatomi, misalnya rahang kecil atau saluran napas memang terlalu sempit, kedua Otot dan sistem saraf di sekitar saluran napas kurang terkoordinasi; ketiga,pembesaran tonsil dan adenoid, yang dikenal dengan amandel. Penyebab ketiga ini yang sering terjadi pada anak-anak.
Keluhan mendengkur pada saat tidur dapat memberi efek kurangnya asupan oksigen di otak dan dapat menyebabkan anak tidak dapat beristirahat dengan nyenyak,sehingga anak nantinya akan mudah letih dan akhirnya si anak akan mencari makanan sebagai penghasil energi . Hal ini menyebabkan anak mencari makanan yang mudah diubah menjadi energi seperti gula dan karbohidrat sederhana,sehingga mdapat terjadi resiko obesitas.
Ada baiknya bapak membawa anaknya ke dokter spesialis anak agar dapat dilihat mengenai pembesaran tonsil atau amandelnya. Terimakasih banyak dan semoga bermanfaat.