Dok, anak saya laki- laki berumur 5 bulan, berat badannya 6,9 kg. Sudah 7 hari ini dia demam dan agak mencret. Selama 7 hari ini dia sudah minum parasetamol, antibiotik dan obat diare. Tetapi demamnya masih naik turun. Hasil lab tadi pagi trombositnya 162.000, hematerokitnya 44 dan leukosit tinggi, dengan hasil 12050. Apakah obat yang diberikan kepada anak saya sudah benar dan bagaimana cara menurunkan leukosit tingginya?

Terima kasih

Banner_e-Book_p3kanak

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Dari tanda, gejala, dan hasil pemeriksaan yang ibu deskripsikan masih belum bisa membantu kami menegakkan diagnosisnya. Demam 7 hari biasanya dikaitkan dengan tifus, akan tetapi hasil laboratorium biasa menunjukkan penurunan leukosit, dan jarang menyerang bayi. Peningkatan leukosit adalah tanda bahwa tubuh sedang memerangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Terapi ditujukan pada pemusnahan bakteri tersebut, bukan menurunkan leukosit.

Kami tidak bisa mengatakan apakah obat yang didapat sudah benar atau belum, karena kami tidak tahu apakah jenis antibiotik dan obat diare yang anak ibu dapatkan. Pada umumnya antibiotik yang diberikan untuk diare adalah kotrimoksazol, ciprofloxacin, atau metronidazole, namun dapat saja berbeda apabila diare mengarah ke penyakit spesifik tertentu. Pemberian antibiotik perlu pengawasan dari dokter, karena pemberian yang tidak tepat hanya akan membuat bakteri tumbuh menjadi resisten atau kebal terhadap antibiotik.

Yang perlu diperhatikan pada anak dengan diare adalah pencegahan dehidrasi. Pastikan bayi mendapat ASI sebanyak mungkin, dan selalu berikan jika bayi anda memintanya. Gejala kehausan dapat dilihat dari sifat bayi yang rewel dan menangis. Bayi sampai usia 6 bulan sangat dianjurkan untuk mendapatkan ASI eksklusif. Jika ASI sulit keluar, cobalah terus untuk memberikannya, karena tubuh ibu akan melakukan adaptasi dan semakin banyak mengeluarkan ASI.

Walaupun sudah mengunjungi dokter namun obat yang diberikan belum sembuh, alangkah baiknya agar anda mengunjungi kembali dokter tersebut. Beberapa penyakit tertentu memberikan gejala yang terlalu umum pada hari-hari awal infeksi, sehingga adalah wajar jika dokter tidak dapat memberikan terapi yang spesifik. Disisi lain, kami juga tidak dapat memperkirakan penyakit anak ibu karena kami perlu melakukan pemeriksaan langsung terhadap anak ibu.

Semoga membantu, terimakasih.