Dok.. mau tanya neh..anak saya usia 4 tahun, tapi belum bisa mengucapkan huruf tertentu di belakang kata,misalnya “Pulang” dia mengucapkannya “pula”.

Gimana solusi buat mengatasinya ya dok..? anak saya intonasi bicaranya sangat cepat sekali, jadi kadang terdengar aneh dan seperti bicara tidak jelas.. padahal kalau bicara dengan intonasi pelan bahasanya juga lumayan bagus.. mohon penjelasan dari dokter.. Trims sebelumnya..

Jawaban Dokter :

Sobat, Gangguan pada bicara, baik itu terlambat bicara, atau berbicara yang kurang / tidak jelas, harus dicari dahulu penyebabnya sobat. Apakah misalnya penyebabnya dari kurang lancar pendengaran (kurang tanggap), atau gangguan pada mulut ( gigi geligi, lidah,), gangguan pada pengucapan (artikulasi), atau juga gangguan dikarenakan intonasi atau anak cenderung berbicara cepat seperti sobat sebutkan. Semua hal ini harus ditelusuri satu per satu. Saya sarankan sobat periksakan atau konsultasikan langsung, bisa dimulai ke dokter spesialis anak dahulu, kemudian bisa mencoba ke terapis yang memang diperuntukkan untuk anak. Semoga bermanfaat