Obat batuk pilek anak itu apa ya Dok? Saya ibu dari 1 anak perempuan berusia 1 tahun 5 bulan, dengan BB:9.7 kg.

Sekarang ini dia sedang batuk dan pilek. Apa obat batuk pilek anak yang sebaiknya saya berikan untuknya  setiap kali dia batuk dan pilek? Selain obat batuk pilek anak, saya juga mau nanya karena anak saya juga susah sekali makan, kira-kira vitamin apa yg bisa saya berikan untuk menambah nafsu makan,selama ini sudah saya berikan cerebrofit gold,juga curcuma plus. Terima kasih atas jawabannya ya dok.

Jawaban Dokter :

Kabar baik.. Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berat badan anak Anda cukup baik. Dapat dilihat dalam grafik yang saya lampirkan, bahwa berat badannya masih berada di antara persentil 3 dan 97.

Sulit makan pada Anak, selain dapat dibantu dengan vitamin yang mengandung Curcuma untuk menambah nafsu makannya, Anda dapat mengusahakan menu yang menarik. Hiaslah makanannya, buatlah warna yang kontras dan menggugah selera. Temanilah ia makan, berilah contoh yang baik dengan makan makanan yang disediakan hingga habis.

Batuk pilek pada anak kebanyakan disebabkan oleh virus. Pada dasarnya tidak diperlukan obat sama sekali. Obat yang diberikan tidak akan mempercepat penyembuhannya, tetapi hanya membantu ia merasa lebih nyaman. Batuk dan pilek adalah cara tubuh bertahan dan melawan kuman penyakit.

Jika ia demam, dapat diberikan penurun panas seperti paracetamol (sirup). Jika hidungnya tersumbat dan berair terus-menerus, dapat dibantu dengan menghangatkan udara misalnya dengan menggantung handuk hangat di kamar, memberi minum air hangat, dan sebagainya. Larutan garam fisiologis dapat pula diteteskan ke hidungnya.

Obat-obatan batuk pilek yang banyak beredar di masyarakat sebaiknya tidak sembarang dikonsumsi. Penelitian terkini justru banyak mengungkap bahwa obat-obatan tersebut tidak memberi manfaat untuk anak.

Batuk pilek pada anak bervariasi durasinya, kadang bisa mencapai 2 minggu lamanya. Waktu penyembuhan bervariasi juga, dan Anda dapat mengusahakan waktu penyembuhan yang lebih cepat dengan memperbaiki daya tahan tubuhnya. Tetap berikan makanan yang bergizi, dalam jumlah yang cukup. Anak usia 1 tahun 5 bulan sudah dapat memakan makanan padat seperti nasi tim.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.