Dokter, anak saya berumur 1 tahun 8 bulan. ianya sejak umur beberapa bulan sampai sekarang sering terkena batuk berdahak yang lama. sudah didatangi berbagai macam dokter anak dan sudah ditest tb namun hasilnya negatif.batuknya hampir setiap bulan, dok. bagaimana efeknya terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak saya karena sering sekali batuk dan apa obat yang mujarab untuk mengatasinya. juga dokter, anak saya sampai dengan sekarang masih belum lancar berjalan. kalaupun bisa berjalan paling hanya beberapa langkah saja yang bisa lambat namun selanjutnya ianya langsung buru-buru sehingga gampang jatuh. jadi, bagaimana solusi/tips dari Dokter supaya ianya lancar berjalan. Terima kasih Dokter.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Tuberkulosis pada anak tidak hanya didiagnosis melalui test laboratorium saja, namun juga menggunakan sistem skoring. Komponen skor tersebut adalah kontak dengan pasien, hasil uji tuberkulin, keadaan gizi, demam, batuk, pembesaran kelenjar getah bening, pembengkakan tulang, hasil x-ray dada. Jika skor 6 keatas maka didiagnosis TB.

Jika anak menderita tuberkulosis, pada umumnya akan kurus dan kurang nafsu makan, sehingga otomatis perkembangannya juga terhambat. Untuk obat yang mujarab masih belum dapat ditentukan karena diagnosis pasti belum ditegakkan.

Untuk perkembangan berjalan perlu distimulasi dan diajarkan oleh sang ibu sendiri dengan sering diajak jalan sambil dituntun.

Semoga membantu,
terimakasih.