Dok, saya sudah hampir 3 bulan ini mengkonsumsi 2 obat dari dokter saya yaitu vorbet dan omegluphage. Harganya 5.000/strip. Dari harga tersebut saya simpulkan dosisnya rendah. Apakah aman jika saya konsumsi obat itu terus menerus? Apakah tidak berbahaya untuk ginjal saya?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
dari obat yang anda sebutkan maka dapat disimpulkan bahwa anda menderita diabetes melitus atau penyakit kencing manis. pada kasus diabetes, penyakit timbul karena produksi insulin yang penting dalam memasok gula dari darah ke dalam sel sebagai sumber energi tubuh menurun sehingga akibatnya kadar gula dalam darah menjadi tinggi dan ini berbahaya bagi tubuh dan mematikan sel-sel tubuh.
karena itulah penderita diabetes memerlukan bantuan luar dalam membantu meningkatkan produksi insulin tubuh dan ini didapat dari obat yang anda konsumsikan tersebut. sangat penting untuk menjaga kadar gula dalam darah dan pasokan gula ke dalam sel tiap harinya makanya anda harus mengkonsumsi obat tersebut tiap harinya.
harga murah bukan berarti obat tidak efektif, dan harga murah tidak berarti dosisnya rendah. malah menurut saya dokter anda sangat bijaksana karena memberikan obat dengan harga terjangkau dan efektif sehingga tidak memberatkan anda yang harus meminum obat tersebut seumur hidup anda.
obat tersebut aman untuk dikonsumsi terus menerus karena fungsinya yang penting dalam menjaga gula darah anda. begitu pula dengan ginjal anda, obat ini aman untuk dikonsumsi.
semoga membantu.

Diabetes