Salam

Saya pria berumur 26 tahun (belum menikah), Salah seorang teman saya yang sudah menikah umur 27 thn dan istrinya 22 tahun,beberapa bulan lalu mereka mendapat kecelakaan, teman saya kondisinya tidak begitu parah akan tetapi istrinya menderita lumpuh di kedua kakinya.
Dia bertanya kepada saya mengenai masalah:
1. Bisakah seseorang yang lumpuh melakukan hubungan intim…?
2. Apakah berpengaruh dengan kondisi si penderita apalagi dengan masalah kakinya..?
3.Apakah ada cara penyembuhan yang terbaik untuk penderita lumpuh
tersebut.?
Berhubung saya kurang mengerti dan berpengalaman dengan masalah ini, jadi saya minta kesediaan Bapak/Ibu Dokter untuk membantu saya memberikan jawaban mengenai masalah ini.

Sebelum dan sesudahnya saya ucapakan Terima Kasih.

Wassalam…

Jawaban Dokter :

Dear Syahli,

Kelumpuhan kedua kaki akibat kecelakaan disebabkan oleh adanya trauma pada tulang belakang. Bila setelah beberapa bulan tidak ada perbaikan, sulit mengharapkan untuk kembali normal.

Untuk pertanyaan no.1, pada pasien dengan kelumpuhan tungkai,
sebenarnya tidak ada larangan untuk melakukan hubungan intim (selama tidak ada bagian tulang belakang yang patah dan akan menjadi berbahaya untuk posisi tertentu). Hanya mungkin dalam hal ini, teman anda perlu melakukan pendekatan pada istrinya, bagaimanapun juga saya yakin si
istri memerlukan kasih sayang dari suaminya. Bila si istri tidak keberatan, hubungan intim dapat dilakukan.

Untuk pertanyaan no 2. Seperti yang telah saya kemukakan tadi, bila ada bagian yang patah, maka posisi tertentu dapat memperburuk keadaan tulang belakang istri teman anda. Hal ini dapat berakibat buruk baginya.

Untuk pertanyaan no.3. Perlu diketahui apa penyebab kelumpuhan
tersebut. Bila memang sudah terjadi kerusakan pada sumsum tulang belakang maka penyembuhan menjadi sulit. Yang dapat dilakukan saat ini
adalah fisioterapi dan support terhadap emosional si istri semoga dia tidak mengalami depresi sehingga dengan fisioterapi mudah2an akan ada kemajuan pada penyakitnya.

Semoga bisa membantu.