Dear dokter

Saya umur 21 tahun. Belum menikah. Siklus menstruasi saya tidak wajar (bisa 1 tahun sekali). Tahun 2013 ini saya belum menstruasi sama sekali. 10 hari yang lalu saya berhubungan intim dengan pasangan saya. 2 hari setelahnya saya minum postinor 2. Pada hari yang ke 7 setelah kami behubungan, saya mengecek menggunakan test pack dan hasilnya negatif. Hari ke 9 setelah berhubungan, keluar sedikit cairan putih bercampur darah dari mrs v saya, saat buang air kecil. Keesokan harinya setelah selesai buang air kecil, ada bercak darah di tisue (biasanya sehabis buang air kecil, saya selalu mengeringkan mrs. v saya menggunakan tissue). Yang mau saya tanyakan

1. Keluarnya cairan tersebut pertanda hamil atau akan menstruasi?

2. Saya belum mau hamil, apakah ada cara agar tidak hamil?

3. Seandainya saya hamil, apakah kuret bisa menjadi solusi aga saya tidak hamil? Atau ada cara lain yang lebih aman dan tidak menyakitkan?

Mohon bantuannya Dok.. Terima kasih

 

Jawaban Dokter :

Sebaiknya test pack diulang 3 hari lagi untuk melihat apakah anda hamil atau tidak. Bercak kemerahan bisa berarti implantasi janin ke dinding rahim. Bila ternyata hamil alangkah baiknya dipertahankan karena merupakan anugerah dari Tuhan, apapun metode untuk aborsi akan membahayakan keselamatan jiwa sang ibu, belum lagi bila teejadi komplikasi yang akan membuat anda tidak dapat memiliki keturunan lagi. Dan juga sering wanita yang aborsi menderita trauma dan gangguan psikis berkepanjangan sebagai bentuk rasa bersalah. Bila ternyata hasilnya tetap negatif sebaiknya jangan berhubungan dulu dengan pasangan yang belum sah.