abang saya meninggal dunia karena paru kanan telah habis tahun 1997 di rs persahabatan, tahun 2001 ditemukan flek pada paru kakak saya yang lain, dan sekarang kalau bernafas seperti ada bunyi di tenggorokan. apa benar pada paru ada faktor keturunan ? karna sekarang jantung saya kadang berdebar tidak sakit hanya tiba2 saja beberapa kali timbul dan berdebar dengan cepat.
terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat Tina,

Penyakit infeksi paru-paru TIDAK menurun (menular pada keturunan), tetapi menular melalui kontak yang erat. contoh: suami pada istri, kakak pada adik, atau siapa saja yang tinggal serumah. Karena kuman ini bisa dipindahkan melalui tetesan air liur, dan udara yang sudah tercemar kuman sehingga pindah ke penderita lain yang berada di dekatnya. karena itu, bagi penderita infeksi paru-paru, sangat dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter. Hal yang akan diperiksa di dokter adalah : dahak, pemeriksaan rontgen dada, dan pemeriksaan darah. bila dokter menyatakan anda positif infeksi paru-paru, dan meminta anda meminum obat paru-paru, patuhilah panduan dokter anda tersebut. Dengan meminum obat teratur, misal: pada pasien TBC, setelah 2 minggu minum obat, maka tidak akan menularkan pada orang sekitar.
selain itu, jagalah daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup dan hindari asap, debu dan merokok (baik pasif maupun aktif).

semoga berguna