Saya merasakan nyeri di sekitar perut, hasil pemeriksaan USG terdapat kista ovarium di kanan dan kiri ovarium. Di sebelah kanan ukuran diameternya kurang lebih 9 cm dan di sebelah kiri sekitar 4 cm. Dokter menyarankan agar operasi kista tapi saya belum siap untuk itu. Apakah operasi ini berbahaya? Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam kenal,

Setiap tindakan operasi yang dilakukan dokter sesuai dengan kompetensinya, pasti mempunyai resikonya masing-masing. Apakah berbahaya? Apabila dokternya melakukan operasi sesuai dengan SOP tentu hal-hal yang berbahaya dapat dihindarkan, dan saya yakin sepenuhnya, bahwa dokter obgyn yang menganjurkan anda untuk operasi sudah mempersiapkan segala sesuatunya.

Dan merupakan hak anda sebagai pasien untuk menanyakan bagaimana jalannya operasi nanti dan resiko apa saja yang mungkin dapat terjadi. Dan perlu dicatat juga bahwa resiko operasi bukanlah malapraktik, karena hal tersebut sudah diinfokan sebelumnya. Dan disetujui oleh Anda. Disebut malapraktik jika sesuatu terjadi diluar SOP yang dikerjakan seorang dokter, dan tentu hal ini tidak diinginkan baik dari pihak ibu dan keluarga serta dari pihak dokter operator.

Demikian, semoga dapat membantu.