Malam sobat. Sebetulnya tidak ada maslah mengenai jarak, karena yang dioperasi adalah mata yang berlainan. Sehingga tidak mengganggu proses penyembuhan luka mata yang baru saja dioperasi.

Jawaban Dokter :

Siang Nur Fatia,
Kelainan yang bisa menyebabkan gejala pada bayi yang anda sebutkan ada banyak sekali; bisa dipengaruhi oleh ketidak normalan banyak sistem tubuh si bayi. Mohon minta penjelasan langsung dari dokter yang merawatnya. Sejauh ini langkah yang anda lakukan sudah tepat untuk membiarkan bayi untuk tetap diobservasi dokter, karena tidak semua penyebab dapat ditentukan secara langsung. Pastikan nutrisi dan/atau pengobatan yang keponakan anda dapat sudah maksimal – ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi sampai usia 6 bulan.

Apakah penyakit kronis yang diderita kakak anda? Mohon ceritakan semua riwayat kesehatan kakak anda pada dokter yang merawat mereka. Untuk informasi tambahan: wanita dengan diabetes mellitus (kencing manis) beresiko untuk melahirkan bayi dengan kondisi hipoglisemia (kurang gula). Gejalanya termasuk: gangguan bernafas, gelisah, lemah/ lemas, tidak nafsu makan (menyusui), bergetar, kejang dan lain – lain. Semoga informasi ini membantu.