Malam sobat, stelah digaruk pasti akan timbul benjol, ini merupakan respon alami dari tubuh. Nah penyebab gatalnya harus dicari tahu, apakah ada makanan pencetus alergi yang anda konsumsi selama 4 hari terakhir?

Jawaban Dokter :

Siang Iwan,
Apakah dokter yang meresepkan langsung kedua obat tersebut? Diabetes tidak dapat sembuh dan memerlukan pengobatan sepanjang hidup. Untuk mengecek keberhasilan pengobatan bukan gula darah puasa yang digunakan, namun nilai HbA1c (hemoglobin terglikasi). HbA1C memberikan gambaran informasi seberaspa banyak kandungan gula di dalam darah anda dalam 3 bulan terakhir – sehingga memerlukan pengecekan rutin /3 bulan, targetnya HbA1c adalah <7%. Bila HbA1c anda belum mencapai target, pengobatan anda belum sesuai dan memerlukan perubahan dosis.

Lakukan kontrol rutin ke dokter/ dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan pengobatan dengan dosis yang tepat. ! Mohon jangan mengubah dosis sendiri, karena efek samping kedua obat tsb (terutama glibenclamide) dapat menyebabkan kekurangan gula (hipoglikemi) yang berakibat fatal. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.