Dear doc,
Bayi saya sulit lepas dari puting selama tidur malam. Dilepas sebentar, akan menangis mencari puting lagi. Ini membuat saya kelelahan sepanjang malam karena harus terus terjaga untuk menyusui. Apakah boleh saya berikan bayi saya empeng saja saat tidur di malam hari? Apa yang harus saya lakukan supaya si bayi lepas puting saat tidur dan hanya menyusu jika haus?

Jawaban Dokter :

Siang Eko,
Saya turut prihatin dengan penyakit yang dialami orang tua anda, semoga lekas sembuh.

Berkeringat (diaphoresis) adalah salah satu gejala dari serangan jantung. Hal ini terjadi karena sistem saraf simpatetis pasien menjadi lebih aktif ketika terjadi serangan jantung – akibat dari rasa nyeri dadanya dan adanya gangguan tekanan darah. Sistem simpatetis juga akan bekerja lebih ketika kita sedang mengalami nyeri (dalam kasus ini akibat serangan jantung), berolah raga, merasa takut atau semangat; dan gejala lainnya adalah menjadi pucat, tangan kaki menjadi dingin, jantung berdetak lebih cepat dan pupil mata melebar.

Kemungkinan orang tua sobat masih mengalami “keringat dingin” karena tubuhnya masih dalam masa pasca-serangan dan belum kembali pulih normal. Diharapkan dengan perawatan kesehatan dan dukungan moral yang cukup, orang tua anda akan berangsur2 kembali normal. Tanyakanlah ke dokter yang merawat untuk penjelasan yang lebih lengkap. Semoga beruntung.