salam dok,
nama saya sari fartilah.
saya umur 17 tahun sekarang.

waktu usia saya umur 15 tahun saya merasa ada benjolan di payudara saya dan akhirnya dari klinik saya harus di rujuk kermh sakit untuk menemui dokter bedah umum. dari sana saya di suruh USG.
dan hasil dari USG itu adalah
“kuitis dan subkuitis normal
struktur fibroglandular di kedua payudara prominen.
tampak lesi noduler solid, hipoekhoik, ukuran : 3.1×2.4×1.8 cm di payudara kiri kwandran superiorlateral.
tak tampak ditalasi ductus lactiferous.

kesan : lesi noduler di payudara kiri kwandran superior lateral, sugestif lesi benigna (FAM).

setelah saya tahu hasil USG dan memperlihatkan ke dokter bedah umum saya. dokter menyuruh saya oprasi tapi saya meminta di kemoterapi tapi dokter saya tetap menyuruh oprasi.
tapi dok sebelum saya oprasi saya merasa cuma ada 1 benjolan di payudara saya. tapi setelah 1 itu di angkat setelah beberapa bulan kemudian saya merasa ada lagi. dari data yg saya kasih dokter di USG itu apa terdapat 2 tumor, atau yang 1 lagi itu tumbuh baru di payudara kiri saya soalnya beda tempat juga dok bukan di tempat saya oprasi tapi tetap di payudara kiri saya dok?
dan saya awal bingung dok, saya harus oprasi lagi atau tidak ?karna pas saya sadar belum 1thn saya melakukan oprasi itu. dan menurut dokter apa yg harus saya lakukan soalnya setiap menstruasi pertama, dan kalo saya makan yang berpengawet payudarah saya suka sakit seperti di tusuk” jarum dok. apa tumor saya ini berbahaya dok buat kesehatan saya sekarang sudah hampir 3thn saya oprasi yang pertama? apa saya harus melakukan oprasi lagi dok?

terimakasih dok.
di mohon balasannya 🙂

Jawaban Dokter :

selamat siang, mualnya berapa kali dan berapakah usia kehamilan sobat?
terimakasih