dok telinga saya sepertinya tesumbat,beberapa hari yg lalu kondisinya masih lumayan seperti misalnya ketika saya menarik telinga saya kemudian rasanya plong lagi , tp setelah saya lepas rasanya tersumbat lagi . kemudian esok harinya saya coba tarik lg tetap terasa tersumbat dan dibarengi rasa sakit pd telinga saya .alhasil seharian penuh telinga saya tidak bisa mendengar dengan baik . mohon solusinya dok terimakasih

Jawaban Dokter :

Selamat malam sobat Annisa,
Kencing berdarah atau hematuria dapat disebabkan oleh beberapa penyakit:
– Batu saluran kemih. Terbentuk didalam saluran kemih yang dapat menimbulkan rasa nyeri dan melukai lapisan dalam saluran kemih. Gejala dapat berupa sering buang air kecil, tidak lampias, aliran air seni yang terputus-putus, adanya darah atau pasir di dalam air seni.
– Infeksi saluran kemih (ISK). ISK dapat terjadi karena kebersihan yang kurang atau menular melalui hubungan seks. Infeksi saluran kemih dapat mulai berasal dari ginjal, ureter (saluran dari ginjal ke kantung kemih), kantung kemih, sampai dengan uretra (saluran dari kantung kemih ke ujung saluran kecing). Gejala ISK termasuk sering dan nyeri saat buang air kecil, demam, nyeri pada kemaluan dan mungkin meyebabkan adanya darah di air seni.
– Luka saluran kemih. Akibat pukulan, dorongan atau hentakan dari luar (cth: cidera dudukan sepeda)
– Keganasan (kanker). Keganasan saluran kemih dapat mengakibatkan hematuria. Hal ini lebih dicurigai pada orang yang berusia lanjut.
– Lain – lain. Beberapa obat2an seperti aspirin, antibiotik penicillin, rifampicin dapat menyebabkan adanya darah dalam air seni atau merubah warna air seni menjadi seperti warna darah. Olahraga/ aktivitas fisik yang ekstrim (marathon/ triatlon) juga dapat menyebabkan kencing darah.

Kungjungi dokter/ dokter spesialis urologi untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai. Semoga membantu, salam sehat.