selmat siang.. dok, saya ada masalah pada perut saya bagian dalam, sering kali saya rasakan ada yang bergerak di perut saya baik ketika berdiri, duduk atau yg lebih sering ketika berbaring, setiap kali terasa gerak segera saya raba dan seperti gelembung yang bergerak2 disekitar area pusar bahkan pernah hampir ke dada(perut atas). hal ini trjadi beberapa bulan setelah melahirkan hingga sekarang hampir 2 tahun. apakah itu hanya gas atau ada hal lain?
terimakasih atas jawabannya.

Jawaban Dokter :

Sore sobat Anselmus,
Penyakit leukemia, seperti kebanyakan penyakit keganasan/ kanker) lainnya, diakibatkan oleh kelainan kromosom sel yang dapat diakibatkan oleh paparan zat radiasi, zat karsinogenik (penyebab kanker) atau kelainan genetik yang diturunkan dari orang tua. Sampai sekarang ilmu kedokteran belum mengidentifikasi satu zat tertentu dan khusus yang menyebabkan leukemia.

Secara umum pencegahan penyakit kanker dapat dilakukan dari menjalani gaya hidup sehat dan menghindari zat beradiasi atau karsinogenik – hal ini termasuk radiasi terionisasi (contohnya banyak sekali), rokok, benzene (zat petro-kimia) dan beberapa jenis obat kemoterapi.

Pengobatan leukemia antara lain kemoterapi, radioterapi dan transplantasi sumsum tulang. Pengobatan leukemia yang paling umum adalah kemoterapi – tanpa atau dengan disertai radioterapi. Kemoterapi ada pemberian beberapa obat antikanker melalui infusan atau diminum, sedangkan radioterapi adalah pengobatan kanker pelalui paparan sinar radiasi.

Saya mengerti bila disini sobat akan bingung: mengapa radiasi dan kemoterapi yang merupakan faktor resiko kanker digunakan untuk mengobati kanker itu sendiri. Perbedaanya adalah cara dan dosis paparan dari zat tersebut. Memang hal ini adalah salah satu kendala utama dari kemo/radioterapi – dimana salah satu efek samping mereka adalah menyebabkan kanker. (contoh: pengobatan kemoterapi untuk limfoma/ kanker kelenjar getah bening dapat menyebabkan leukemia)

Kemoterapi terdiri dari banyak regimen obat yang berbeda2 dan terus berkembang dengan kemajuan ilmu kedokteran. Masing-masing perhimpunan spesialis kanker mancanegara, bahkan setiap rumah sakit dapat mempunyai/ mengikuti guideline kemoterapi yang berbeda2 untuk leukemia.

Semoga informasi yang saya berikan dapat membantu, semoga beruntung.