Dokter, saya memakai kb suntik 3 bulan sudah selama 4 tahun ini. dan hampir tidak pernah mengalami flek atau menstruasi. Hanya saat 1x atau 2x suntikan yg saya mengalami flek sedikit selama 2 hari. Tapi untuk suntikan saat ini jadwalnya 1 hari sebelum puasa, kenapa besoknya saya mengalami flek ya dok lalu berhenti 4 hari dan kemudian perdarahannya bukan flek lagi melainkan seperti haid, tapi ndak sebanyak haid. sekitar 5 ml setiap harinya disertai dismenorhea juga.
Apakah obat kb yg disuntikan itu berbeda dengan yg biasanya sehingga terjadi gangguan seperti ini? atau apakah ada kemungkinan bidannya keliru dengan obat kb yg 1 bulanan ya dok sehingga timbul gangguan ini? saya jadi takut dokter, karena saya tidak ada rencana untuk punya anak lagi. mohon jawabannya ya dokter

Jawaban Dokter :

selamat pagi sobat, penyebab lupa mungkin akibat kurang konsentrasi, kuran istirahat dan kurang mengkonsumsi makanan bergizi. terima kasih,