Maaf dok saya mau tanya saya mengidap penyakit, gejalanya bersin2 dlm jangka waktu yg lama, meler, ingusnya bening dan encer. Setelah hidung membaik lari ke gatel tenggorokan dan gatel mata yg amat sangat. Saya paling anti di pegang hidung karena bisa membuat pnyakit saya kambuh.
Dulu ±10 tahun yg lalu saya sempat periksa di rumah sakit, sya di diagnosa polip, tapi keesokan harinya saya di cek dg cara menaruh lampu dalam mulut sya di ruangan yg gelap dan di diagnosa sinusitis dan di kemudian hari saya d tes alergi dg cara tangan saya di tusuk2 jarum yg akhirnya keluar bentol2 dan katanya positif alergi
Yg saya mau tanya sebetulnya saya sakit apa yah dok?
Mohon jawabannya, terimakasih

Jawaban Dokter :

Dear sobat,
Kebanyakan makanan yg sobat sebutkan mengundung protein, dan itu biasanya potensi menjadi bahan alergen, penyebab alergi, biisa dipikirkan kearah reaksi alergi, dimana terjadi pembengkakan yg tidak sakit, tidak selalu gatal, yg dinamakan angiooedem, pembengkakan pada jaringan tubuh akibat reaksi alergi.
Saran saya hindari bahan makanan yg mengandung alergen, karena alergi bisa dicetuskan oleh makanan dan suhu ekstrim umumnya suhu dingin dan pagi hari.
alergi adalah penyakit genetik dan bawaan, seumur hidup anda akan mendapatkan reaksi alergi apabila terpapar oleh bahan alergen tsb.
Terima kasih semoga membantu