Dear ,Dokter .. salam sehat .

Dok anak saya dari kecil sering berantem dengan teman temanya dan sering kali kepalanya kena pukul / tonjok teman hingga mengakibatkan sering kali dia merasa pusing dan sulit berpikir . Terkadang untuk mengatasi pusingnya itu dia hanya tiduran ..

Yang ingin saya tanyakan dok bagaimana cara mengatasinya ? Bagaimana agar pusingnya hilang untuk selamanya ? Soalnya dia masih kelas 1 SMK dok ..

Mohon bantuanny dr terima kasih

Jawaban Dokter :

Untuk membantu mengurangi gejala, usahakan makan dalam porsi yang lebih sedikit namun lebih sering setiap harinya (5 porsi kecil). Hindari makanan & minuman yang tadi saya sebutkan atau makan sebelum tidur. Bilamana gejala semakin parah pada malam hari, gunakan lebih dari satu bantal suapaya posisi lebih tegak agar isi perut tidak mengalir ke atas (kerongkongan). Hindari stress bila mungkin, karena stress psikis meningkatkan produksi asam lambung.

Umumnya dokter akan meresepkan obat pelindung tukak lambung/ usus, penurun produksi asam lambung, penghilang rasa mual dan antibiotik untuk membasmi kuman yang melukainya. Lanjutkan terapi yang diberikan oleh dokter anda dan kontrol rutin.

Salam sehat.