Dok,kan kata Dokter jangan dibiasakan menggunakan microlax buat bayi umur 4,5 bulan,tetapi saya hanya pernah 4 kali saja soalnya kasian pada anak saya ngeden terus pengen BAB,tapi dengan 4 kali seperti itu ga akan menyebabkan apa-apa kan Dok? Serta apa selama 5 hari dan seterusnya belum BAB dibiarkan sampai keluar saja atau bagaimana Dok?

Jawaban Dokter :

Selamat siang sobat Oky,
Gejala yang anda sebutkan mungkin disebabkan oleh beberapa penyakit:
– Batu saluran kemih. Terbentuk didalam saluran kemih yang dapat menimbulkan rasa nyeri dan melukai lapisan dalam saluran kemih. Gejala dapat berupa sering buang air kecil, tidak lampias, aliran air seni yang terputus-putus, adanya batu/ pasir di dalam air seni.
– Infeksi saluran kemih (ISK). ISK tidak harus melalui penularan dari hubungan seksual. ISK dapat terjadi karena kebersihan yang kurang. Infeksi saluran kemih dapat mulai berasal dari ginjal, ureter (saluran dari ginjal ke kantung kemih), kantung kemih, prostat sampai dengan uretra (saluran dari kantung kemih ke ujung penis).
– Luka saluran kemih. Akibat pukulan, dorongan atau hentakan dari luar (cth: cidera dudukan sepeda)
– Lain – lain. Beberapa obat2an seperti aspirin, antibiotik penicillin dan rifampicin dapat menyebabkan adanya darah dalam air seni atau merubah warna air seni menjadi seperti warna darah. Olahraga/ aktivitas fisik yang ekstrem juga dapat menyebabkan kencing darah.

Kungjungi dokter/ dokter spesialis urologi untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai. Semoga membantu, salam sehat.