Dok gimana mengatasi magh kronis jika menjalani puasa di bulan suci romdhon,saya jika telat makan kadang badan gemetaran trus kepala jadi sakit,jadi gimana mengatasi nya dok?

Jawaban Dokter :

Selamat pagi sobat Riska,
Mimisan pada anak kecil merupakan hal yang cukup umum dan biasanya bukan merupakan gejala dari sebuah penyakit tertentu. Mimisan paling sering disebabkan dari luka/trauma akibat gesekan/ cakaran lubang hidung, pukulan ke area wajah dan udara kering (bisa pada suhu dingin atau panas). Penyebab lainnya adalah adanya benda asing di dalam rongga hidung, kelainan anatomi hidung, kelainan pembuluh darah atau akibat beberapa obat-obatan terntentu (obat anti-radang tetes hidung). Anak kecil lebih rentan terhadap terhadap penyebab2 tersebut dikarenakan struktur dan permukaan rongga hidung mereka yang lebih tipis & sensitif.

Mimisan dengan jumlah darah yang sedikit dan dapat berhenti sendiri dalam waktu 5 – 15 menit merupakan gejala ringan dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun bila anak terlalu sering mengalamai mimisan (setiap hari) atau ditemukan perdarahan yang banyak, perdarahan yang tidak kunjung berhenti, bau tidak sedap dari darah/ ingus, demam, keluhan hidung tersumbat, pucat atau mimisan yang disertai gejala ingin pingsan – segera periksa ke dokter atau dokter spesialis THT.

Semoga informasi ini membantu, salam sehat.