Kenapa ya dok engkel saya berbunyi saat berjalan?

Jawaban Dokter :

Malam sobat,
Keputihan ada dibagi 2 yang fisioligis (normal) akibat proses dalam tubuh , cairan yang berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna, jumlahnya tak berlebihan dan tidak disertai gatal. Cairan ini berfungsi sebagai alat perlindungan alami, mengurangi gesekan dinding vagina saat berjalan dan saat melakukan hubungan seksual. Keputihan yg masih dalam batas normal ini bisa disebabkan oleh letih, stres sehingga daya tahan tubuh rendah, hormonal yaitu menjelang dan setelah haid, kelelahan, diabetes, saat terangsang, hamil, atau mengonsumsi obat-obat hormonal seperti pil KB.

Dan yang satu lagi adalah yang bukan normal yaitu patologis, Keputihan ini berupa cairan berwarna kekuningan hingga kehijauan, jumlahnya banyak bahkan bisa sampai keluar dari celana dalam, kental, lengket, berbau tidak sedap atau busuk, terasa sangat gatal atau panas, dan menimbulkan luka di daerah mulut vagina yang dapat disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri hingga virus.

Jika sobat, mengalami keputihan sebelumnya harus ditelusuri penyebabnya dengan usapan vagina lalu dilihat penyebabnya, lalu baru dilakukan tindakan terapi apabila penyebab nya jamur dgn antijamur/ antifungal, bakteri dengan anitbiotik, parasit/mikroorganisme dengan antimikroba.

artikel kesehatan untuk lebih jelas bisa baca :
https://www.tanyadok.com/kesehatan/jangan-bermain-main-dengan-keputihan

Demikian semoga membantu