Halo, kabar saya kurang baik.
Saya baru keluar opnam dari rumah sakit, dan masih lemas, namun tidak ada kejelasan diagnosa dari dokter dokter di sana.
Awalnya beberapa hari yang lalu saya mual hebat dan lemas, saya baru saja selesai menstruasi, jadi saya pikir itu karena kurang darah, darah rendah, dan sakit magh yang kambuh.
Saya memutuskan pagi itu untuk ke dokter UGD karena sangat lemas dan mual, sampai sana diperiksa dan ditekan di daerah perut terasa sakit, kemudian dokter menyarankan untuk diberikan suntikan untuk lambung dan diinfus juga karena tensi saya rendah dan kemungkinan kekurangan cairan.
Selang beberapa detik obat dan infus masuk, saya merasakan kesemutan, awalnya di ujung jari kaki dan tangan, lalu semakin hebat sampai ke dada dan kepala, tubuh saya seperti tertimpa benda sangat berat dan menjadi kaku, saya tidak bisa mengontrol kaki dan tangan saya, telapak kaki ( ujung jari ) ketarik ke arah dengkul, jari tangan juga ketarik kaku lurus seperti tangan sedang mencubit sesuatu, dan yang paling menakutkan dada saya terasa berat sekali karena kesemutan seperti kram.
Lalu dokter tersebut memberikan suntikan tambahan untuk pertolongan pertama yaitu neurobion.
Setelah injeksi neurobion, beberapa menit kemudian kaku tersebut mulai hilang, tapi kesemutannya belum, masih hebat dan dingin di ujung jari kaki dan tangan, akhirnya saya direkam jantung, sampai 2 kali, kiri dan kanan, dan hasilnya keduanya keriting, katanya yang dimaksud keriting itu karena grafiknya sangat dekat dan terlalu cepat.
Akhirnya saya diminta untuk diopname untuk diobservasi.
Sampai malam saya masih merasakan kesemutan itu timbul reda timbul reda, dan mengalami kesemutan hebat lagi keduakalinya saat malam, saat dokter jantung menyarankan infus dimasukan dan dihabiskan dalam 1 jam, saat infus tersebut masuk dengan cepat, saya mengalami kesemutan sampai dada, sulit bernafas, kaki dan tangan kram, berlangsung sekitar 10 menit, setelah agak reda, kaki dan tangan saya masih sangat kaku, dan seperti kram merata pada kaki sampi pangkal paha, dan saat saya hendakpipis ke kamar mendi, saya harus menyeret nyeret kedua kaki saya yang kaku dan kesemutan.
Setelah malam itu saya hanya diberikan vitamin dan infus elektrolit, serta obat anti kesemutan.
Memang membaik, tapi 3 jari di rumah sakit dan tidak diperbolehkan pulang karen alasan masih diobservasi.
Di cek ambil sampel darah, dan hanya magnesium yang remdah, yang lainnya normal.
Saya semakin bingung, ada apa dengan saya.
Saya beberapa kali mengalami kesemutan seperti ini, kadangan karena meminim obat batuk yg dijual dipasaran bebas, neuralgin, minum kopi, atau pada saat kelelahan.
Kesemutan berawal dari ujung jari tangan dan kaki, tapi kalau keadaan parah bisa berlanjut sampai ke dada dan wajah, sampai sulit bernafas, itu berlangsung sekitar 5-10 menit, dan setelah itu mereda saya menjadi lemas dan kaki tangan menjadi sakit karena terasa sangat pegal seperti habis olahraga angkat beban berat dalam waktu lama.
Mohon bantuannya Dokter, karena sampai saat ini belum ada dokter yang bisa mencari penyebabnya kenapa saya mengalami ini.
Dan saya sudah memeriksakan jantung ( seperti usg jantung ) dan hasilnya semua normal.
Terima kasih.

Jawaban Dokter :

selamat malam…
gejala nya memang sangat tidak spesifik, utk menentukan suatu diagnosa harus dibantu juga dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang nya.
utk mengarah ke gangguan jantung pun, juga harus dpastikan dengan pemeriksaan EKG dan pmeriksaan lab enzim jantung, yg dilakukan pada saat itu.
terima kasih,